KOPERASI LEMKA
Silahkan Pesan Alat Dan Buku Kaligrafi Langsung Dari LEMKA

Kamis, 04 November 2010

LOMBA BACA KITAB SENI ISLAM NASHAIH AL-KHATATIN


 

Pesantren Kaligrafi Al-Quran LEMKA Sukabumi Jawa Barat mengadakan Lomba Qiraatul Kitab (baca kitab) khusus yang berkaitan dengan seni Islam dan wawasannya, yaitu kitab Nashaih al-Khathatin karya Drs. H. Didin Sirojudin AR M.Ag (Pimpinan Umum Pesantren Kaligrafi Al-Quran LEMKA). Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw 1431 H, dan diikuti oleh para santri intern LEMKA sendiri berjumlah 50 santri.

Lomba ini menarik dan unik karena jarang sekali kitab seni Islam yang dilombakan kecuali kitab-kitab yang membahas ilmu-ilmu syariah, seperti tafsir, fiqh, seperti yang lazim dilombakan dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Menurut Ketua Panitia Lomba, Ustadz Iman Saiful Mu'minin, S.Pd.I, lomba ini sengaja diadakan untuk mencoba menguji para santri, khususnya santri pesantren lemka yang setiap harinya berkutat dengan seni kaligrafi dan wawasannya, sampai sejauhmana mereka dapat memahami kitab Nashaih al-Khathatin yang biasa dipelajari sebagai mata kuliah wajib. Kategori penilaian dalam lomba tersebut diuji dari segi kelancaraan membaca, bahasa, terjemahan, dan maksud/penjelasan.

Juara I Putra diraih oleh Luthfi Hakiki santri dari Kalimantan Selatan, Juara II PA: Zainul Muttaqin dari Jawa Tengah, dan Juara III PA: Tahmil dari Sulawesi Selatan. Dan Juara I Putri diraih oleh Mila Ulin Nuha dari Kalimantan Barat, Juara II PI: Putri Dwi Jayanti dari Kalimantan Timur, dan Juara III PI: Fitri Nuriza dari Riau

Kegiatan lomba tanggal 25 Februari 2010/11 Rabiul Awwal 1431 H. Foto-foto kegiatan terlampir


 

0 komentar:

Posting Komentar

KOPERASI LEMKA
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More